Promo! Harga 99K berlaku untuk semua undangan. Pesan Sekarang!

Bantuan Cepat
X

Pertanyaan yang sering muncul:

Belum menemukan jawaban? Hubungi kami melalui whatsapp dibawah:

Kontak Sekarang Email : info@kadio.id

Pernikahan Adat Apakah yang Paling Mahal di Indonesia?

Pernikahan Adat Apakah yang Paling Mahal di Indonesia?

Indonesia merupakan negara dengan berbagai suku dan budaya yang berbeda-beda. Meski sudah berada di era modern, namun Indonesia masih menerapkan budaya untuk kehidupan sehari-hari, khususnya dalam hal pernikahan.

Konsep pernikahan setiap suku di Indonesia berbeda satu sama lain, bahkan tidak jarang yang membutuhkan biaya yang cukup besar. Biaya ini digunakan untuk acara adat sesuai suku masing-masing.

Nah, kira-kira apa saja pernikahan adat yang paling mahal di Indonesia? Berikut jawaban lengkapnya:

1. Pernikahan Adat Nias

Pernikahan adat paling mahal yang ada di Indonesia pada urutan pertama ditempati oleh Suku Nias. Suku Nias merupakan salah satu suku yang berada di Provinsi Sumatera Utara. Untuk melamar seorang gadis, Suku Nias harus menyiapkan mahar yang cukup besar yakni 25 ekor babi.

Jika 1 (satu) ekor babi memiliki harga Rp1 juta, maka untuk melamar gadis Nias, Anda harus menyiapkan Rp25 juta. Belum lagi jika calon mempelai wanita memiliki Pendidikan yang tinggi, maka mahar akan semakin mahal.

2. Pernikahan Adat Bugis

Suku Bugis terkenal dengan uang panai untuk pernikahan adat yang sangat mahal. Sama halnya dengan Suku Nias, semakin tinggi pendidikan calon mempelai wanita, maka uang panai akan semakin mahal. Belum lagi rangkaian acara adat yang cukup banyak membuat pernikahan suku Bugis sangat mahal. 

3. Pernikahan Adat Minangkabau

Adat Minangkabau yang terkenal dengan sistem matriarki juga memiliki biaya pernikahan adat yang mahal. Ini dikarenakan selain mahalnya uang mahar, pernikahan adat Minangkabau juga memiliki rangkaian acara yang menguras biaya.

4. Pernikahan Adat Batak

Suku Batak juga terkenal dengan pernikahan adat paling mahal di Indonesia. Sama seperti adat lainnya, tingkat kemahalan biaya pernikahan adat juga dipengaruhi oleh pendidikan dan pekerjaan calon pengantin wanita. Semakin tinggi Pendidikan maka akan semakin mahal mahar yang harus dikeluarkan.

5. Pernikahan Adat Suku Sasak

Berasal dari kampung Sade, Lombok Tengah, Suku Sasak juga memiliki biaya pernikahan adat yang mahal. Ini ditentukan oleh tingkat pendidikan dan pekerjaan calon pengantin wanita. Sebagai contoh, calon pengantin memiliki pekerjaan sebagai ASN, mahar yang harus dikeluarkan antara 10 juta hingga 250 juta.

Untuk melengkapi pernikahan adat Anda dan pasangan, jangan lupa gunakan undangan digital dari kadio.id. Kadio.id merupakan platform undangan digital yang akan membantu Anda mewujudkan undangan digital impian Anda bersama pasangan. Kunjungi https://kadio.id untuk informasi lebih lengkapnya.

 

Wedding photo created by freepic.diller - www.freepik.com