Promo! Harga 99K berlaku untuk semua undangan. Pesan Sekarang!

Bantuan Cepat
X

Pertanyaan yang sering muncul:

Belum menemukan jawaban? Hubungi kami melalui whatsapp dibawah:

Kontak Sekarang Email : info@kadio.id

Kenali 4 Tipe Parenting Ini, Anda Tipe Mana?

Kenali 4 Tipe Parenting Ini, Anda Tipe Mana?

Mengasuh anak merupakan hal yang wajib dilakukan oleh orang tua. Sebagai orang tua pastinya Anda dan pasangan ingin memberikan pola asuh atau parenting terbaik. Tahukah Anda bahwa ada 4 tipe parenting yang wajib Anda dan pasangan kenali.

Apa saja kira-kira 4 tipe parenting ini dan Anda sudah menggunakan tipe parenting yang mana? Buat Anda yang ingin tahu, yuk simak 4 tipe parenting di penjelasan yang ada di bawah ini:

1. Tipe Parenting Authoritative

Tipe parenting pertama yang dapat Anda dan pasangan terapkan dalam mengasuh dan mendidikan anak adalah tipe parenting authoritative. Tipe parenting authoritative merupakan tipe dimana orang tua memiliki batasan dan aturan yang jelas dan juga konsisten.

Orang tua juga memiliki alasan yang jelas atas harapan yang diberikan kepada anak dan memberikan kesempatan bagi anak untuk mengemukakan pendapat. Tipe parenting authoritative memiliki kelebihan yakni baik untuk kesehatan mental anak, namun sebagai orang tua diperlukan kesabaran yang lebih ekstra.

2. Tipe Parenting Authoritarian

Tipe parenting kedua adalah authoritarian. Authoritarian merupakan tipe parenting yang memberikan aturan ketat kepada anak dan tidak jarang ada hukuman jika anak tidak menaatinya. Meskipun bisa membuat anak-anak tahu batasan untuk diri mereka sendiri, namun tipe parenting ini bisa membuat anak-anak memiliki perilaku yang kurang baik.

Orang tua juga bisa menjadi figure yang tidak diteladani oleh anak karena komunikasi yang buruk antara orang tua dengan sang anak.

3. Tipe Parenting Attachment

Tipe parenting yang ketiga adalah tipe parenting attachment. Tipe ini melibatkan banyak kontak fisik dengan anak, mulai dari menggenggam tangan, memeluk anak, hingga mendampingi anak saat tidur.

Orang tua juga bisa menanggapi semua hal yang dibutuhkan oleh anak tanpa adanya keraguan. Dengan menggunakan pola asuh ini anak akan cenderung mandiri, tidak mudah stress, dan dapat mengatur emosi dengan baik.

4. Tipe Parenting Permissive

Tipe terakhir adalah permissive. Tipe parenting ini dilakukan orang tua dengan tidak memberikan batasan dan tidak mengatur keputusan yang diambil oleh anak. Karena anak bebas dengan semua keputusannya, biasanya anak dengan pola asuh ini akan mengalami beberapa masalah seperti obesitas, rentan stress, hingga menjadi korban bullying.

Nah itu dia tipe parenting yang bisa kamu terapkan baik yang sudah punya anak atau masih calon orangtua. Tidak ada salahnya buat kamu yang akan menikah mengetahui ini dulu kan. Buat kamu yang sedang mempersiapkan pernikahan khususnya lagi cari-cari undangan online, bisa melakukan pemesanan melalui kadio.id ya. Ada banyak template design undangan digital yang bisa kamu coba dan pilih.

Father son photo created by senivpetro - www.freepik.com